Fish

Rabu, 08 Desember 2010

Animasi


apa itu animasi ?
Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak.
Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan.



konsep animasi ?
film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

Tahukah anda???
Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan
komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar,
gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.

12 prinsip dasar animasi karakter
-Pose dan gerakan antara (Pose-To-Pose Action and Inbetween)
-Pengaturan waktu (Timing)
-Gerakan sekunder (Secondary Action)
-Akselerasi gerak (Ease In and Out)
-Antisipasi (Anticipation)
-Gerakan penutup dan perbedaan waktu gerak (Follow Through and Overlapping Action)
-Gerakan melengkung (Arcs)
-Dramatisasi gerakan (Exaggeration)
-Elastisitas (Squash and Stretch)
-Penempatan di bidang gambar (Staging)
-Daya tarik karakter (Appeal)
-Penjiwaan peran (Personality)

Jenis – jenis animasi
Animasi Cel
 Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. digambar dengan menggunakan tangan Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal

Animasi Frame
Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbeda-beda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita bukabuku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan
bergerak, setting waktunya kecepatan minimal 24 frame per detik agar tidak terjadi jitter

Animasi Sprite
Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam.
Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya: burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.Dalam animasi sprite yang dapat kita edit adalah animasi dari layar yang mengandung sprite, kita tidak dapat mengedit bagian dalam yang ditampilkan oleh layar untuk masing-masing frame seperti pada animasi frame.

Animasi Path
Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan.Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu. Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.

Animasi Spline
Spline adalah representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva

Animasi Vektor
Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang. Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.

Animasi Character
Animasi karakter biasanya terdapat di film kartun. Semua bagiandalam film kartun selalu bergerak bersamaan. Software yangbiasa digunakan adalah Maya Unlimited. Contoh film kartun yang dibuat dengan Maya Unlimited adalah Toy Story dan Monster Inc

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar